Oh Tidakkkkk! Ternyata Aku Passive-Aggresive!



Jadi hal ini bermula dari pas aku ngecek Natal chartku, yang Neptune-nya square sama Mars. Nah trus kucari, ini nih apee maksudnya. Trus pas ku baca-baca, tertujulah kepada satu kata yang gak asing, tapi gak ku pahami.. Yak, itu adalah passive-aggresive, hmmm aku sempat menyangkal dalam hati, kok aku passive-aggresive sih.. gimana aku nyangkal coba kalo gak tau ini tuh apaan :v

    Nah dari sinilah, ku cari tuh ye, apaa cobaa.. dan eng ing eng. Ternyata aku orangnya agak pasif agresif. Sukurlah udah sadar semenjak liat ini, emang asik yah bahasa inggris tuh. Semua sifat dan sikap yang gak disadarin manusia ada kata-kata buat itu. 

Jadi apa sebenarnya pasif agresif itu? Nah menurutku, itu tuh sikap ato kelakuan yang berusaha untuk melarikan diri dari sesuatu (pasif) , agar supaya kondisi yang ada di luar berubah atas perilaku kepasifan kita. Contoh simple nya nih, kalo cewek ngambek trus gak dibilang alesan ngambek karena apa sama cowoknya. Tapi nunjukin marah, cuek ke cowonya agar cowonya itu ngerti apa maunya.. gitu. 

` Katanya sih, sikap pasif agresif ini banyakan tuh dilakukan untuk menunjukkan rasa tidak suka ato marah sama seseorang sih. Kebanyakan orang yang kek gini kalo marah mereka akan cenderung tenang, gak marah walaupun sebenernya mereka lagi sakit hati. Mereka berusaha menjauh untuk mengkomunikasikan apa yang mereka rasa, dan gak mendiskusikan masalah yang mereka hadapi.
Ada beberapa penyebab terjadinya sikap pasif agresif ini :
- Pola asuh dari lahir. 
Anak  dalam lingkungan yang gk dibolehin untuk mengekspresiin emosi yang dirasakan. Jadi banyak orang yg diasuh kek gini memendam amarah ato melampiaskan amarahnya ke hal-hal yang lain, daripada menghadapi amarah tersebut.
- Situasi sosial
Jika kita ditempatkan di kondisi sosial (seperti dalam keluarga ato ling. Kerja)  dimana kita gak boleh menampakkan sikap aggresif. Kita bisa jadi dapat menutupi rasa marah kita sama orang.
- Cara paling mudah
Cara paling mudah buat apa? Karena buat jadi assertiv dan bisa selalu mengekspresikan emosi itu tidak selalu mudaaaah cui. Kadang kita malu dan takut buat ngungkapin apa yang kita rasakan, jadi yah lebih baik kita diam sambil kodein kalo kita lagi nyimpan marah wkwkwk.

Nah ini aku ada beberapa cara untuk mengenali kalo misalnya kalian punya tendensi buat pasif agresif ato enggaaa...
- Apakah kamu selalu merajuk ketika tidak senang sama seseorang?
- Apakah kamu selalu menghindari orang tersebut ketika kecewa?
- Apakah kamu pernah berhenti bicara sama orang pas lagi marah sama mereka?
- Apa kamu tidak ngerjain apa yang harus kamu kerjain pas lagi marah sama orang, hanya supaya mereka nyadar kamu lagi marah? :v
- Apa kamu suka berkata-kata judes ato sarkas untuk menolak percakapan yang berarti ato demi mengatasi permasalahan yang ada?

Wowww, ternyata dari apa yang ada di atas aku BUAT semuanya awkkawk!!!
Okeh, karna udah tau tanda-tandanya sekarang gimana cara ngatasin sikap pasif agresif ini sih, karena kalo gak diatasi ini bisa mengganggu ato merusak sebuah hubungan, apalagi hubungan nuhenahinu uwu ewe.
- Tingkatkan kesadaran kamu
Sadar kalo kamu lagi merajuk, sadar kalo lagi marah trus ngehindar, sadar kalo lagi kecewa trus bilang terserah. Yang pertama harus sadar dulu kalo kamu sedang melakukan sikap ini!
- Berikan waktu buat berubah
Setelah mengenali kalo kita punya ini, saatnya lakukan perubahan.. yakni kita lebih dahulu ngenalin apasih pola-pola yang biasa kita lakuin pas lagi p-a? Apa ngejauh, cuek, lampiasin ke hal lain, or ngapain? Nah ini kita harus kenalin, dan kita harus rubah perlahan-lahan... rubah dengan cara kek gimana?
- Praktek mengekspresikan diri
Mengerti sama emosi yang kamu rasain dan mengekspresikannya itu sangat penting banget buat mengakhiri sikap p-a ini.. jika kita membicarakan apa yang kita rasain, pasti semuanya akan lebih clear dan ada solusinyaa.

Yah, walaupun aku akui buat jujur sama perasaan sendiri itu susah banget.. buat aku sendiri kenapa susah buat jujur?
- Takut orangnya bakal gak suka sama kita setelah kita ngutarain apa yang kita rasain
- Gak enakan sama orangnya nanti
- Takut nanti dianya tahu kita tuh ngerasa kea gini –emot sedih- 
- Takut nanti bakalan ada penolakan abis ngutarain perasaan kita
- Takut dibilang judgemental ato apalah...

Nah lohhh, ribet amat kan yak,, tapi dari beberapa pelajaran yang ku ambil dari seseorang, kita tuh gapapa buat ngungkapin sesuatu asal kita udah responsible buat apa yang nanti bakal di lakuin oleh orang itu abis dengerin perasaan kita.. nah ini nih yang bikin nyeseeek. Awkawkkaw.
Tapi bener juga yah, segala aksi pasti ada reaksinya...

Kalo misalnya cuman kita doang yang mendem,, kitanya yang siksa setengah mati dalam dada..
Kalo diutarain juga, mungkin ada penolakan dari pihak ke dua karena dirasain kek gitu.
Tapi nih, daripada mendem mulu, lebih baik dikomunikasikan deh.. biar semua lebih jelas.. walaupun endingnya gak selalu baik. Tapi kan kita udah move on, dan gak stuck dengan feeling angry.. 
Yaken yaken...

Okeh , udah, in the end the choice is all yours~~
See you in the next post.
xoxo

Sumber Artikel : Klik Disini

Comments