Pengalaman Meditasi (bukan memuja dewa atau apa, bukan soal agama) Hanya soal pikiran.



hi guys, jadi aku ngenyobain meditasi.. jadi aku tau meditasi dari channel youtube Leo Gura (Actualized.org) . sebenernya aku gak pingin meditasi dan takut nyobain, tapi berhubung meditasi ini banyak manfaatnya jadi aku nyoba dah.. so...
apa sebenernya meditasi itu?
setelah saya searching dalam bahasa inggris, supaya penjelasannya jelas,,,
jadi meditasi itu keadaan dimana pikiran kita sedang beristirahat  tenang, dan damai. yah begitulah artinya. dalam kehidupan sehari-hari kita punya banyak pikiran, kayak kapan bisa bayar SPP? kapan bisa dapat jodoh? atau, pikiran negativ,, atau dugaan, atau pikiran tebakan.. yah pokoknya pikiran kita terus berkeliaran di pikiran kita yayayay. seperti monyet gila dan seperti awan yang mengambang-ngambang. . jadi pikiran kita itu bisa dibilang gak tenang dan kacau... jadi dengan meditasi kita bisa menenangkan monyet yang gila itu menjadi monyet yang lebih tenang, dan kita bisa mengawasi bagaimana awan-awan itu. seneng kan seharian gak punya pikiran? meditasi kebanyakan dianggap dari agama buddha jadi aku kira aku nge meditasi nge nyembah-nyembah apa gitu. tapi pas aku liat step by step nya, ternyata gada konten persembahan atau apalah-apalah itu.
next.
ternyata meditasi itu punya manfaat dan udah dibuktikan dengan penelitian loh guys..
ini dia manfaatnya :

  • mengurangi stress dan kecemasan, waw siapa yang mau stress yak -_- jadi kalo kita meditasi pikiran kita jadi tenang dan gada pikiran-pikiran negativ dan pikiran lain yang mengganggu kita. 
  • menambah fokus dan terhindar dari distraksi/pengalihan. jadi kita kalo lagi kerja itu bisa fokus dan tidak teralihkan dari pikiran lain dan kegiatan lain.. bayangin kerjaan yang biasa kita kerjain 8 jam bisa kita kerjain lebih cepat dalam 1 jam.
  • meningkatkan optimis, relaksasi dan kesadaran.
  • meningkatkan perasaan bahagia dan menngkatkan EQ/emotional inteligence
  • meningkatkan untuk berpikiran kreativ
  • meningkatkan kecakapan dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
  • meningkatkan sistem imun
  • jauh dari masalah penyakit jantung dan otak/pikiran
  • mengurangi kebutuhan untuk tidur, :D wah i need this...
  • meningkatkan daya ingat, dan belajar.
  • membuat menjadi lebih kuat dalam menghadapi kepahitan dan rasa sakit hidup. dalam percobaan juga ada beberapa orang yang ngelakuin meditasi dan yang gak meditasi dan di hadapkan dengan pain/rasa sakit. setelah di scan pake MRI pada otak mereka, ternyata orang yang meditasi lebih nunjukin sedikit rasa sakit daripada orang yang gak meditasi. dan setelah diteliti ternyata penghilang rasa sakit dengan meditasi lebih ampuh daripada pake morfin loh! tapi ingat ini cuman buat meditater yang udah berabad-abat atau yang udah lama ngelakuin meditasi.
okey, itu saja dulu manfaatnya yang aku ketik.. sebenarnya ada lebih dari 50++ manfaat dari meditasi loh, dan jika kita lakukan secara kontinue dan konsisten tentu saja manfaat dari meditasi akan kita rasakan. 

Jadi skarang lanjut ke bagaimana aku nge meditasi dan bagaimana rasanya?
oke sebelum aku kasi tau rasanya aku mau kasi tau dulu teknik yang aku pake pas meditasi..
aku pake teknik letting go ( melepaskan semuanya) jadi di teknik ini intinya kita cuman duduk dan melepaskan semua masalah yang dipikiran kita, kita hanya mengawasi pikiran kita.. tidak terlalu serius dengan masalah, dan tidak berusaha mengerti dengan masalah tersebut, kita hanya mengawasi kalau itu adalah sebuah masalah atau pikiran yang dipikirkan oleh pikiran kita. dan kita hanya membiarkan itu pergi. misalnya..  muncul pikiran kalo kita belum nyuci baju.. nah pikiran itu kita lepasin, meskipun kita rasa susah buat lepasin pikiran kita tentang baju yang belum kecuci, kita hanya lepasin saja perasaan yang sulit untuk ngelepasin tentang belum cuci baju.. -_- . oke jadi begitu.

aku meditasi sekitar 20 menit. tapi aku ga sampe 20 menit. karna aku rasa semakin aku ngediemin pikiranku rasanya pikiranku makin kayak monyet gila, aku dipaksa kesana kemari, mikir ini itu, masalah ini itu... dan aku lupa fokus untuk ngemeditasi.. untuk hanya ngawasin pikiran. bukan buat mengikuti dan terbawa arus dengan pikiran itu. dan tiba akhirya saat aku sudah ngelepasin semua pikiran yang ada... aku ngerasa aku masuk di keadaan tenang, gada yang buat dipikirin... tapi pas saat itu aku belum merasa damai. aku cuman ngerasa kosong. gak ada lagi pikiran yang keluar... gada lagi masalah yang keluar. aku hanya ngerasa diam dan kosong. 

ini meditasi pertama yang aku lakuin, dan meditasi ke 3,4,5 yang aku lakuin gak sampai masuk ketahap ini. kayaknya pikiranku makin kacau aja... tapi itu bukan masalah kok.. justru ini yang bikin aku pengen meditasi lagi.. jadi aku berencana buat meditasi tiap hari.. untuk mencapai ketenangan pikiran dan jiwa.. so guys, do u wanna try to meditate?

Sumber Artikel : Klik Di Sini

Comments